Piramida pembelajaran ini adalah suatu bentuk penjelasan bagaimana cara
agar kita mampu menguasai materi pelajaran dengan cepat (lebih cerdas).
Konsep utamanya diambil dari seorang pakar bernama Edgar Dale pada tahun
1969, yang kemudian diberikan bobot secara persen dalam
penelitian-penelitian tentang efektivitas belajar belakangan ini.
Jika kita perhatikan Gambar Piramida Pembelajaran, Kita dapat melihat bahwa secara garis besar, model pembelajaran itu terbagi menjadi 2: Aktif dan Pasif. Pada model pembelajaran pasif, rata-rata itulah model yang masih digunakan secara umum dalam model belajar saat ini. Membaca memberikan andil penguasaan materi 10%, mendengarkan 20%, dan melihatnya secara langsung memberikan kontribusi sebesar 30%.
Tapi coba kemudian kita lihat dalam model pembelajaran aktif, di mana ketika kita 'mengatakan' atau 'mengajarkan orang' atau 'berdiskusi', maka itu bisa memberikan 70% pemahaman terhadap materi yang dikuasai, serta jika kita 'aktif melakukan/mengaplikasikan ilmu' maka hal tersebut berkontribusi 90% terhadap pemahaman kita terhadap materi pelajaran.
Learning Pyramid
Average student retention rates:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar