Rabu, 14 September 2016

Apakah itu Piramida Pembelajaran? Mari kita kenali lebih dalam


Piramida pembelajaran ini adalah suatu bentuk penjelasan bagaimana cara agar kita mampu menguasai materi pelajaran dengan cepat (lebih cerdas). Konsep utamanya diambil dari seorang pakar bernama Edgar Dale pada tahun 1969, yang kemudian diberikan bobot secara persen dalam penelitian-penelitian tentang efektivitas belajar belakangan ini.

Jika kita perhatikan Gambar Piramida Pembelajaran, Kita dapat melihat bahwa secara garis besar, model pembelajaran itu terbagi menjadi 2: Aktif dan Pasif. Pada model pembelajaran pasif, rata-rata itulah model yang masih digunakan secara umum dalam model belajar saat ini. Membaca memberikan andil penguasaan materi 10%, mendengarkan 20%, dan melihatnya secara langsung memberikan kontribusi sebesar 30%.

Tapi coba kemudian kita lihat dalam model pembelajaran aktif, di mana ketika kita 'mengatakan' atau 'mengajarkan orang' atau 'berdiskusi', maka itu bisa memberikan 70% pemahaman terhadap materi yang dikuasai, serta jika kita 'aktif melakukan/mengaplikasikan ilmu' maka hal tersebut berkontribusi 90% terhadap pemahaman kita terhadap materi pelajaran.
Learning Pyramid
Average student retention rates:
10% reading
20% audiovisual
30% demonstration
50% discussion
75% practice doing
90% teach other
informasi dan pendaftaran:
Hexxa Academy Kediri
Jl Banjaran Gang 1 no 70/134 Kediri
Telp 081 335 062 295 / 081 249 784 558
atau kunjungi websitekami di hexxa-academy.com

#hexxa #hexxakediri #hexxaacademy #banjaran #kotakediri #kabupatenkediri #bimbeltk #bimbelsd #bimbelsmp #bimbelsma #bimbelsnmptn #bimbelsbmptn #calistung #privatmatematika #privatipa #privatips #privatkediri #informasi #wednesday #rabu #homeschooling #privattk #privatsd #privatsmp #privatsma #privatsnmptn #snmptn2017 #sbmptn2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar