Jumat, 18 Maret 2016

Mekanisme Ujian Berbasis Komputer (Computer Basis Test / CBT)

Sehubungan dengan adanya laporan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pungutan yang dibebankan kepada orang tua dengan alasan untuk menyewa/membeli komputer untuk mengikuti Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK), Kemendikbud menyampaikan hal sebagai berikut

1. UNBK hanya diselenggarakan pada sekolah yang sudah siap baik dari infrastruktur, SDM, maupun peserta. Infrastruktur sejauh mungkin memanfaatkan laboratorium komputer yang ada di sekolah.
2. Sekolah calon penyelenggara UNBK pada tahun 2016 tidak diperkenankan untuk memaksakan diri membeli/menyewa komputer dengan membebani orang tua siswa.
3 Lalu bagaimana dengan sekolah yang belum siap untuk melaksanankan ujian dengan sistem CBT?

jangan khawatir kemedikbud Sampai hari ini, proses pencetakan naskah soal UN sudah 89 persen (11.096.651 naskah soal) untuk SMA dan 78 persen (3.165.599 naskah soal) untuk SMK. Dari target mencetak 16.567.855 naskah soal, 14.478.365 naskah soal sudah dicetak dan siap kirim. Perkembangan proses pencetakan naskah soal UN bisa diikuti oleh masyarakat melalui laman www.kemdikbud.go.id.

Nizam mengatakan, naskah soal dengan huruf Braille juga sudah disiapkan. Begitu pula dengan keping CD untuk ujian mendengar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Untuk daerah tujuan yang jauh dan sulit dijangkau, naskah soal dicetak dan dikirim lebih awal, yakni sejak Selasa lalu. "Setiap hari bisa dilihat perkembangannya. Ada petugas yang selalu standby di percetakan agar bisa cepat menangani masalah," ujarnya.

Anies mengatakan, proses pengawasan tetap ketat meski UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Pengawasan justru harus lebih ketat agar bisa diperoleh hasil UN yang riil dan dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah proses cetak selesai, kata Nizam, naskah soal tidak langsung dikirim, kecuali untuk tujuan daerah yang sulit dijangkau. Pengiriman soal akan tetap sesuai dengan jadwal dan percetakan tidak diperbolehkan langsung mengirim. Jika melihat jadwalnya, naskah soal UN sudah harus sampai di gudang provinsi pada 29 Maret. Seperti tahun-tahun sebelumnya, naskah soal akan dijaga oleh aparat kepolisian, tetapi hanya sampai di tempat penyimpanan terakhir. "Di sekolah tidak ada polisi seperti dulu," kata Nizam. (dikutip dari kompas)

Untuk Simulasi bagaimana mekanisme CBT-nya silahkan lihat kilas video singkat berikut

Tips dan trik Untuk Khusus pada mata ujian mendengarkan (listening) bahasa Inggris :

Siswa diminta untuk tidak membuka langsung soal, melainkan menunggu beberapa detik setelah soal yang dibacakan dalam bahasa Inggris diputar.

“Kalau membuka soal mendahului soal audio, khawatirnya soal tertulis di komputer jadi lebih cepat tertutup,” ujar Yulius. Soal itu punya durasi waktu 20 menit, setelah itu soal listening otomatis tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar